Minggu, 24 Maret 2019

Tips Sangat Penting Untuk Kesuksesan Digital Marketing Anda...



Apa yang dimaksud dengan satu titik atau satu tahapan funnel hanya memiliki SATU goal?




Yuk kita coba bedah prosesnya pada contoh toko retail OFFLINE terlebih dahulu. Yes, baik online maupun offline, telah terjadi Marketing Funnel... 

Marketing Funnel pada toko retail OFFLINE:

1⃣ Pergi ke toko
2⃣ Mencari dan mendapatkan produk
3⃣ Masukkan produk ke dalam keranjang belanja
4⃣ Ke kasir dan bayar


1⃣ Pergi ke toko - Yang Anda lakukan menyebarkan info toko Anda, bisa dengan flyer, iklan radio, dan lain sebagainya. Goalnya bukan terjadinya sales atau sejenisnya, tapi supaya orang-orang tahu dan mau datang ke toko Anda. Jadi Anda harus fokus pada SATU goal di tahap ini, yaitu supaya orang-orang tertarik datang ke toko Anda.

2⃣ Mencari dan mendapatkan produk - Setelah datang ke toko Anda, selanjutnya mereka melihat-lihat display produk Anda. Mencari dan mencoba menemukan produk yang mereka inginkan. Fokus dan goal Anda adalah bagaimana tata letak dan display produk Anda menarik dan mudah diakses (ditemukan).

3⃣ Masukkan produk ke dalam keranjang belanja - Sangat mirip dengan tahap ke-dua, yaitu memudahkan pengunjung. Sehingga goal dan fokus Anda adalah bagaimana pengunjung bisa memasukkan produk ke keranjang belanja dengan cepat dan mudah. Anda bisa sediakan keranjang belanja dengan berbagai ukuran, simpan di tempat-tempat yang strategis, dan sejenisnya.

4⃣ Ke kasir dan bayar - Pada tahap ini, goal Anda tentu saja terjadinya transaksi atau sales dengan cepat dan mudah. Yang bisa Anda lakukan misalnya: jumlah kasir yang cukup banyak sehingga tidak antri lama dan panjang, pilihan pembayaran yang beragam, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana dengan e-commerce atau toko retail online?

Yuk kita coba bedah prosesnya pada contoh toko retail ONLINE...




Marketing Funnel pada toko retail ONLINE:

1⃣ Mengunjungi halaman website sebuah produk
2⃣ Baca-baca info produk
3⃣ Klik tombol pesan dan melakukan pemesanan
4⃣ Melakukan pembayaran


1⃣ Mengunjungi halaman website sebuah produk - Anda tidak jualan disini, tapi Anda mempromosikan website Anda yang berisikan informasi penawaran produk Anda. Dan goal di fase ini adalah supaya banyak pengunjung tertarget yang mengunjungi halaman website Anda.

2⃣ Baca-baca info produk - Disini Anda masuk proses jualan dan meyakinkan pengunjung untuk beli produk Anda dengan cara menyuguhkan informasi yang lengkap tentang produk Anda serta copywriting yang memikat. Supaya para pengunjung tertarik untuk beli.

3⃣ Klik tombol pesan dan melakukan pemesanan - Jika sudah sampai di tahap ini, berarti pengunjung sudah tertarik dan siap memesan produk Anda. Goal Anda tentu saja adalah supaya semakin banyak yang memesan produk Anda dengan lancar dan cepat. Anda bisa buat proses order semudah mungkin, tidak banyak tahapan yang tidak penting, jumlah isian yang tidak terlalu banyak, dan sejenisnya.

4⃣ Melakukan pembayaran - Goal Anda disini adalah supaya yang sudah order melakukan pembayaran. Anda bisa lakukan follow up dengan berbagai channel, angle copywriting follow up yang beragam, dan lain sebagainya.

Kemudian, what's next?

Anda tinggal sedikit lagi memahami dan menerapkan Marketing Funnel bisnis Anda, yaitu dengan mengetahui statistik pada masing-masing tahapan funnel.

1⃣ Mengunjungi halaman website sebuah produk - Berapa orang pengunjung? Ya Anda harus tahu! Misalnya 1.000 visitors.

2⃣ Baca-baca info produk - 1.000 visitors artinya ada 1.000 orang juga yang membaca info produk Anda.

3⃣ Klik tombol pesan dan melakukan pemesanan - Dari 1.000 visitors, tentu tidak semuanya yang akan meng-klik tombol pesan dan melakukan pemesanan. Katakan misalnya 200 orang pada tahap ini.

4⃣ Melakukan pembayaran - Dari 200 orang yang melakukan pemesanan, sangat jarang 100% nya yang melakukan pembayaran. Katakan misalnya hanya 100 orang yang melakukan pembayaran.

Dan dapatlah kita data-data sebagai berikut:

1.000 visitors
200 orders (Conversion rate 20% : 200 orders dibagi 1.000 visitors dikali 100)
100 customers (Paid ratio 50% : 100 customers/bayar dibagi 200 orders dikali 100)

Dan kita sudah tahu masing-masing GOAL pada tiap tahapan funnel, sehingga...

Pengunjung sedikit janganlah Anda salahkan sales page, tapi perbaiki sumber traffic-nya. Misal Facebook Ads, perbaiki targeting audience, ad copy, ad image, dst.

Yang order sedikit, janganlah Anda salahkan Facebook Ads, tapi perbaiki halaman website (sales page) Anda.

Yang order banyak tapi yang bayar dikit, janganlah Anda salahkan Facebook Ads atau website Anda, tapi perbaiki proses follow up Anda, baik itu kalimat follow up atau channel follow up.

Ingin mendatangkan visitors lebih banyak lagi, lebih dari 1.000 visitors? Maka optimasi sumber traffic-nya.

Ingin supaya yang order lebih banyak lagi lebih dari 20% conversion rate? Maka optimasi website Anda; copywriting-nya, design dan layout, dst.

Ingin supaya yang bayar lebih banyak lagi lebih dari 50% paid ratio? Maka optimasi follow up Anda; copywriting-nya, channel-nya, dst.




Ingin belajar Digital Marketing Funnel? Supaya Anda bisa...
  • Lebih terarah dalam menjalankan digital marketing Anda.
  • Lebih tepat dan akurat membenahi atau meng-optimasi marketing Anda.
  • Anda bisa tahu salah-nya di bagian mana dan bagian mana yang harus Anda perbaiki.
  • Terhindar dari kebingungan; tidak tahu apa dan bagian mana yang salah.
  • Mengatasi masalah ketidaktahuan cara scale up, tidak tahu apa dan bagian mana yang harus Anda benahi dan persiapkan untuk scale up.
  • Meningkatkan konversi dan penjualan bisnis Anda, serta scale up bisnis untuk tumbuh besar dengan lebih terarah, terukur, dan terprediksi.
  • Mengurangi ketergantungan dengan platform tertentu serta perubahan-nya. Karena ketergantungan = melelahkan.
  • Mampu bersaing dengan para pemain baru atau siapapun kompetitor Anda.
  • Terhindar dari salah kaprah dalam mengambil keputusan.
  • Mengimbangi biaya marketing dan iklan yang semakin mahal.
  • Mendapatkan hasil maksimal dari aktivitas digital marketing Anda.
  • Terhindar dari buang-buang waktu, tenaga, dan uang percuma.


You're just one step away to build your own Marketing Funnel... Untuk meningkatkan konversi dan penjualan, serta melakukan SCALE UP dengan lebih terarah, terukur, dan terprediksi.


www.akademibisnisdigital.com/#/starter/?ref=natabd9e&funnel=Starter1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dapat Milyaran Dari TikTok

TikTok kini menjadi aplikasi yang sangat powerful untuk menghasilkan uang dari online. Bahkan sudah terbukti bisa menghasilkan omset hingg...